Pages

Jus Stroberi Usir Plak Gigi


Tanpa kita sadari ternya stroberi,si buah merah berbintik ini memilki banyak manfaat bagi kita,salah satunya untuk kesehatan gigi. Seperti halnya hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rahmi Ayu Budi Amalia yang menunjukkan bahwa stroberi berperan signifikan untuk mencegah pembentukan plak gigi penyebab penyakit gigi dan mulut.

Dipaparkan, stroberi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, termasuk mengurangi akumulasi plak gigi. Secara umum, stroberi mengandung nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, dan energi. Sementara mineral potensial yang terkandung didalamnya adalah kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, potassium, selenium, vitamin C, dan asam folat.

“Stroberi terbukti memiliki aktivitas antioksidan dua kali lipat lebihtinggi dibanding anggur merah, lima kali lipat dari apel dan pisang, serta sepuluh kali lipat dari semangka. Kandungan bahan pemanis alami, berupa xylitol dan polifenol, yang ada dalam stroberi terbukti mampu mengurangi kolonisasi streptococcus mutans yang bisa menghambat aktivitas enzim, sehingga mampu mencegah pembentukan plak," paparnya beberapa waktu lalu.

Dalam penelitian mengenai Pengaruh konsumsi jus stroberi terhadap penurunan indeks plak gigi mahasiswa UMY usia 18-25 tahun, didapatkan kesimpulan bahwa konsumsi jus stroberi berpengaruh dalam menurunkan indeks plak gigi. Ia menerangkan plak merupakan penyebab utama yang memicu kemunculan penyakit gigi dan mulut, diantaranya karies (gigi berlubang), calculus (karang gigi), gingivitis (radang pada gusi), periodontitis (radang pada jaringan penyangga gigi).

“Mengingat pembentukan plak merupakan proses yang tidak dapat dihindari pembentukannya, maka mengurangi akumulasi plak menjadi hal yang sangat penting dalam mencegah terbentuknya penyakit gigi dan mulut, salah satunya dengan mengonsumsi jus stroberi,” jelasnya.

Dia mengungkapkan banyaknya plak sangat tergantung dari macam makanan dan kebersihan mulut seseorang. Sementara salah satu yang berfungsi sebagai pelindung dalam melawan karies gigi adalah saliva yang merupakan cairan mulut yang kompleks dan tidak berwarna. Saliva dikenal masyarakat dengan nama air liur. Saliva inilah yang harus dijaga agar tetap normal kandungan pH, volume, dan kekentalannya.


jadi jelaslah bahwa stoberi ini kaya akan manfaat dan telah dibuktikan kebenaran tentang manfaat jus stroberi dalam mengusir plak gigi oleh Rahmi Budi Amalia,salah satu mahasiswa Kedokteran Gigi UMY. 

0 comments:

Post a Comment