Pages

dental floss



Dental floss adalah merupakan salah satu alat bantu kebersihan kesehatan gigi yang dikenal dalam kedokteran gigi sebagai alat bantu dalam membersihkan daerah-daerah gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Dental floss berbentuk benang.
Dental Floss untuk membersihkan gigi selain menggunakan sikat gigi adalah dengan menggunakan dental floss yaitu semacam benang yang terbuat dari bahan sutera (biasanya sintetis). Walaupun banyak yang belum terbiasa, akan tetapi membersihkan gigi dengan dental floss dianggap lebih efektif karena dapat menghilangkan lebih dari 60 % plak gigi terutama yang tersembunyi di antara gigi dan gusi dan tidak terlihat di bagian permukaan. 
Guna dental floss
  1. Untuk menghilangkan plak pada permukaan aproksimal gigi.
  2. Untuk memoles permukaan gigi.
  3. Untuk membersihkan partikel sisa makanan yang tertekan dibawah titik kontak
Benang gigi (dental floss) adalah merupakan alat bantu kesehatan gigi yang paling dianjurkan, masalahnya penggunaan dental floss memerlukan keterampilan manual yang baik, karena sebagian besar individu tidak mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang sama, maka cara penggunaan dental floss yang baik dan benar harus diajarkan dan didomonstrasikan.
Penggunaan dental floss tanpa pegangan khusus, yaitu potong dental floss kira-kira 30cm, kemudian lingkarkan pada jari tengah dan jarak kurang lebih 7,5 cm, kemudian masukkan ke ruang interdental gigi, gerakkan dental floss turun naik sebanyak 6-7 kali. Untuk dental floss yang ada pegangan khususnya, langsung masukkan ke dalam daerah interdental, kemudian gerakkan dengan yang sama dengan dental floss yang tanpa pegangan khusus.

0 comments:

Post a Comment